Gebyok rumah jawa desa kuno

Gebyok Rumah Jawa Desa Kuno

Diposting pada

GEBYOK RUMAH JAWA DESA KUNO

Gebyok rumah jawa desa kuno. Seringkali kita melihat gebyok ukiran terdapat pada panggung pelaminan khas daerah jawa. Namun kini gebyok menyita perhatian para pencintanya untuk menjadikannya aksen atau hiasan dirumah dengan desain interior yang apik.

Seni ukir gebyok rumah jawa merupakan sebuah bagian atau instalasi ruangan khas jawa. Selain berfungsi sebagai penyekat ruangan, gebyok ukiran jawa juga dapat digunakan sebagai ornamen penghias suatu ruang interior yang dilengkapi dengan pintu pada sebuah bangunan.

Gebyok rumah jawa desa kuno sudah ada pada masa pemerintahan ratu kalinyamat, diabad ke 16 gebyok ukir Jepara telah diciptakan. Gebyok ukir kini, mencerminkan pemikiran dan karya seni tinggi sekaligus sebagai kebutuhan praktis sebagai penyangga rumah.

Gebyok pada umumnya berbentuk ukiran khas jawa adapula yang minimalis seperti daerah luar Jepara. Dan terbuat dari material kayu jati berkualitas tinggi. Kayu jati dipilih, karena sifatnya yang kuat secara struktur dan tahan terhadap cuaca.

Namun kini, seiring kebutuhan pasar, gebyok dibuat dari kayu daur ulang dan mampu memenuhi kebutuhan pasar dari dalam maupun luar negeri. Ragam motif ukiran gebyok cukup beragam. Seperti ukiran khas jepara, kudus, solo, Bali maupun daerah jawa lainnya.

Sentra Jual Gebyok Rumah Jawa Desa Kuno

Banyak yang telah mengenal bahwa pengrajin gebyok di Jepara bersentra di Desa Gemiring Nalumsari. Namun seiring waktu pengrajin gebyok juga menjamur di kecamatan tetangga yaitu di Kecamatan Mayong, Jepara, Jawa Tengah.

Mengapa Kecamatan Mayong menjadi sentra gebyok baru di kota Jepara? Karena hampir separuh penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai pengrajin gebyok baik berskala kecil maupun skala besar berada di Kecamatan Mayong seperti di desa Buaran Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Salah satu pedagang gebyok ukir jepara adalah kami ISMAYA JATI.

Mayong sendiri merupakan kecamatan yang tiap desanya mempunyai UMKM atau home insdustri yang berlangsung lama. Seperti kerajinan gerabah, sentra pembuat anyaman bambu, sentra pembuatan Genteng yang nama besarnya sudah terkenal seantero Nusantara.

Meskipun ditengah banyaknya serbuan garmen yang menarik minat masyarakat. Industri mebel khususnya pengrajin Gebyok ukir Jepara di desa ini juga berkembang sangat pesat. Terhitung banyaknya pesanan yang di jual sampai keluar kota. Seperti Bali, Solo Yogyakarta, Klaten, Bojonegoro, Jakarta, Sulawesi dan kota-kota lainnya.

Jadi jika anda berminat memasang gebyok dirumah anda jangan lupa dan jangan ragu2 untuk berkunjung di sentra kerajinan kami di Jepara jawa Tengah.

Gebyok Rumah Jawa Desa Kuno Mempunyai Seni Estetika Tinggi

Memilih gebyok sebagai hiasan dirumah terntunya menjadi pilihan yang menarik sekaligus unik. Karena walaupun di era modern sekarang ini, keberadaan gebyok jati mampu menampilkan hunian khas pedesaan kuno dengan desain yang klasik dan modern.

Gebyok rumah jawa mampu memenuhi unsur seni modern secara estetika. Karena gebyok mampu berperan sebagai penyempurna rumah anda. Tidak heran, banyak peminat dan pesanan gebyok dari luar kota selama 2 tahun ini.

Gebyok Jawa mampu membuat desain rumah anda tidak tergerus oleh zaman dan bersifat abadi. Dan tentu saja gebyok ukir rumah jawa menjadi solusi termurah dan hemat ketika anda ingin merenovasi ulang desain rumah anda.

Nah kali ini saya akan memberi informasi tentang pembuatan gebyok rumah jawa desa kuno Khas Jepara.

Proses Pembuatan Gebyok Rumah Jawa Desa Kuno

Sebelum pembuatan gebyok kita memilih bahan dasar bisa kayu jati, kayu nangka yang kita pilih dari proses penebangan. Kemudian kita keringkan dulu selama dua minggu. Agar kadar air dalam kayu sendiri itu berkurang agar supaya nanti kualitas kayu kering juga bagus.

Setelah kering kita baru ada proses tukang kayu. Dalam proses ini, terlebih dahulu kita harus membuat mal atau cetakan ukir pada kertas yang dijadikan patokan ukiran pada kayu nantinya. Baru kemudian difotokopi, kemudian kertas hasil fotokopi ditempel dikayu untuk desain ukir gebyok yang akan dibuat.

Proses selanjutnya adalah pembubutan kayu, baru kemudian di ukir. Setelah itu baru proses ukir. Proses ukir Gebyok Jepara merupakan proses yang paling lama daripada proses pembuatan gebyok ukir. Minimal sekitar 1 bulan waktu pengerjaan.

Detail Gebyok Rumah Jawa

Tiap bagian gebyok rumah jawa desa kuno mempunyai ukiran yang berbeda-beda menyesuaikan bentuk dan dimensi media kayunya. Berikut adalah gambar-gambar ukiran berdasarkan letak atau posisi ukiran gebyok rumah jawa desa kuno :

  1. Gambar untuk ceplok tempel blandar atau plengkung.ceplok plengkung gebyok rumah jawa desa kuno
  2. Gambar isen-isen gebyok ada yang panjang dan pendekisen isen gebyok rumah jawa desa kuno
  3. Ada angin-angin kotak yang dibagian atas pintu gebyok.angin-angin kotak gebyok rumah jawa desa kuno
  4. Bagian ceplok sampar posisinya dibagian bawahsampar gebyok rumah jawa desa kuno
  5. Untuk blandar yang ditengah bisa juga untuk plengkungplengkung blandar tengah gebyok rumah jawa desa kuno
  6. Untuk soko
    soko gebyok
  7. Blandar cekel tengah agak besar samping juga bisacekel tengah
  8. Klewer di atas isen-isen gebyok sebelah sampingklewer gebyok
  9. Gambar pintu tempel
    ukiran pintu tempel
  10. Gambar untuk sabukansabukan gebyok

Gambar komplit gebyok rumah jawa desa kunogebyok rumah jawa desa kuno

Filosofi Gebyok Rumah Jawa Desa Kuno

Filosofi Gebyok Rumah Jawa berbeda-beda sebab gebyok ukir tiap daerah itu kiblatnya pada keraton atau kerajaan masing-masing. Jadi bisa diartikan, untuk Kota Solo kiblatnya kraton solo. Pintu Gebyok Bali juga mengikuti keraton/kerajaan Bali.

Sesuai perkembangannya sekarang ini, pakem gebyok Rumah Jawa kuno tidak selalu digunakan. Biasanya terdapat modifikasi tiap-tiap bagian dari gebyok ukir itu sendiri tergantung pembeli atau peminatnya masing-masing.

Perawatan Pintu Gebyok Ukiran Rumah Jawa Kuno

Perawatan Gebyok Rumah Jawa Kuno tergantung peletakan dari gebyok ukir sendiri. Ada yang diletakkan di eksterior maupun interior. Paling pas untuk perawatan gebyok ukiran jepara adalah per satu bulan sekali pakai penyedot debu atau pakai kuas sudah cukup. Bahkan lebih mudah pake kanebo lebih praktis.

Begitulah tulisan saya kali ini, semoga informasi tadi membuka inspirasi anda dalam memilih desain rumah yag cantik dan bernuansa tradisional. Semoga menambah pengetahuan anda tentang seluk-beluk maupun nama tiap-tiap bagian dari gebyok ukir khas jepara.

Rumah Gebyok Jawa Modern

Rumah Gebyok Jawa Modern merupakan konsep desain rumah yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia sekarang ini. Keberadaan Gebyok Jawa di gunakan sepenuhnya dalam desain rumah. Biasanya aplikasi Gebyok dengan tema modern dipakai hanya untuk mempercantik atau menegaskan konsep rumah dan berada di tiap bagaian rumah itu sendiri.

rumah gebyok jawa modern

Bagian rumah yang sering menggunakan bagaian-bagian elemen gebyok adalah Pintu Gebyok Ukir, Jendela Gebyok Ukir, Gebyok Gapura Rumah Ukir. Keberadaan Gebyok hanya untuk memperindah dan digunakan berdasarkan fungsinya saja.

Cara Pemesanan Gebyok Ukir Jepara

Bila anda berminat memesan pintu gebyok jepara dirumah anda silakan hubungi via WA 0857-0106-7828. Dapatkan harga terbaik dari kami. Kami juga menerima pesanan Rumah Joglo, Pintu Gebyok, Jendela Gebyok, Rumah Limasan, Gazebo Taman, Gazebo Lumbung dengan berbagai macam ukuran sesuai keinginan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *